Makalah - Bahaya Mi Instan

by 07.28 1 komentar
MAKALAH
BAHAYA MI INSTAN





Kata Pengantar                       


“Om Swastyastu”
            Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena atas berkat dan rahmatNyalah maka kami bisa menyelesaikan karya tulis sederhana ini. Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah makalah dengan judul “Bahaya Mi Instan” . Saran dipelukan untuk membangun. Mudah-mudahan karya tulis ini bermanfaat bagi yang membacanya.
Kami ucapkan terima kasih kepada pihak yang telah bersedia membantu dalam pembuatan makalah ini. Dan tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Dra. Ni Made Narti selaku guru pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang telah memberikan dorongan kepada kami untuk membuat karya tulis sederhana ini.
“Om Santih, Santih, Santih Om”

Denpasar, 12 April 2014
Penulis




Daftar Isi


Kata Pengantar .......................................................................................................... ii
Bab I
Pendahuluan .............................................................................................................. 1
1.1 Latar belakang...................................................................................................... 1
1.2 Rumusan masalah ................................................................................................ 1
1.3 Tujuan .................................................................................................................  1
1.4 Metode ................................................................................................................  2
Bab II
Pembahasan ............................................................................................................... 3
2.1 Kandungan mie instan ......................................................................................... 3
2.2 Bahaya buruk bila mengkonsumsi mi instan secara berlebihan .......................... 3
2.3 Tips mengkonsumsi mie instan ........................................................................... 4
Bab III
Penutup .....................................................................................................................  6
3.1 Kesimpulan .........................................................................................................  6
3.2 Saran ...................................................................................................................  6













Bab I
Pendahuluan

1.1    Latar belakang
Semakin berkembangnya zaman dan semakin tingginya tekhnologi manusia. Membuat manusia selalu disibukkan setiap harinya, bahkan banyak diantara mereka yang sampai melupakan salah satu kebutuhan pokok mereka yang sangat penting dalam kehidupan mereka. Makan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat pokok dalam kehidupan manusia. Namun, dengan kesibukkan yang mereka lakukan mereka selalu berupaya dalam melakukan sesuatu dengan serba instan atau cepat.
Begitupun dengan makannya, manusia cenderung memakan makanan yang serba instan. Salah satunya adalah mi instan. Bahkan ada sebagian dari mereka yang menjadikan mi sebagai makanan pokok mereka sehari-hari ataupun sebagai pengganti makanan jika mereka berada di suatu daerah yang mana mereka tidak menyukai makanan di daerah tersebut, sehingga mereka menggantinya dengan mi instan.
Bahkan ada juga beberapa diantara mereka yang sudah menjadikan mi instan sebagai makanan sehari-hari dari kecil dan ada juga yang menjadikan sebagai makanan utama dalam keluarga mereka. Dengan alasan-alasan tersebutlah penulis menjadikan “Mi Instan” sebagai tema dalam penulisan karya tulis ilmiah penulis.

1.2    Rumusan Masalah
1.      Apakah kandungan mi instan?
2.      Apakah bahaya buruk mengkonsumsi mi instan?
3.      Bagaimana tips mengkonsumsi mi instan?

1.3    Tujuan
Dengan penulisan karya tulis ilmiah ini diharapkan nantinya kita dapat betul-betul mengetahui bagaimana mi instan sangat mempengaruhi tubuh kita. Selain itu, penulis juga berharap dengan penulisan karya tulis ilmiah ini dapat membantu kita untuk lebih dalam lagi mengenal mi, mulai dari kandungannya sampai poses memasaknya khususnya mi instan

1.4    Metode
Dalam pembuatan karya tulis ilmiah ini penulis menggunakan metode study pustaka (library reachest) karena penulis membaca dan mencari di internet yang berkaitan dengan tema dan judul karya tulis ilmiah ini.



Bab II
Pembahasan

2.1  Kandungan Mi Instan
Kandungan bahan yang terdapat dalam mi instan bermacam-macam. Dan rata-rata bahan yang terkandung dalam mi instan adalah bahan-bahan yang bersifat membahayakan bagi tubuh manusia.
1.      Bumbu Pelengkap
Bahan yang biasa digunakan sebagai pelengkap dalam mie instan adalah MSG atau Vetsin dan dalam bahan pelengkapnya juga terdapat HVP (Hidrolized Vegetable Protein) dan juga yeast extract.
2.      Bahan Penambah Rasa
Bahan penambah rasa atau flavor sangat sering digunakan dalam mi instan. Yang mana bahan inilah nantinya yang akan menunjukkan rasa mi, apakah ayam bawang, ayam panggang, kari ayam, soto ayam, baso, barbeque, dan sebagainya
3.      Minyak Sayur
4.      Solid Ingredient
Solid ingredient adalah bahan-bahan pelengkap yang dapat berupa sosis, suwiran ayam, bawang goreng, cabai kering, dan sebagainya
5.      Kecap dan Sambal
Kecap dapat menggunakan flavor, MSG, kaldu tulang untuk menambah kelezatannya.
Selain itu mi instan juga terbuat dari lilin yang membuat mi instan tidak lengket satu sama lainnya ketika dimasak

2.2  Beberapa Penyakit Mengenai Berlebihan Makan Mi Instan
·         Penyebab Kanker
Mi instan yang beredar saat ini, ternyata cukup membahayakan telah diketahui bahwa permukaan mi instan dilapisi oleh lilin inilah kenapa mi tidak pernah lengket satu sama lain. Lilin ini sangat membahayakan kesehatan tubuh,karena tubuh kita butuh waktu lama untuk mencerna lilin ini, yakni sekitar dua kali, jika zat ini terus menumpuk dalam tubuh, kemungkinan kita untuk terkena penyakit kanker sangatlah tinggi misalnya: kanker hati, usus atau leukemia. Tak hanya lilin mi instan. Bumbunya pun yang mengandung banyak zat aditif seperti MSG yang bisa menjadi pemicu kanker dalam tubuh banyak kasus nyata tentang orang yang sakit dan diduga disebabkan karena terlalu banyak mengkomsumsi mi instan. Karena itu, sebaiknya anda pun mulai mengurangi mengkomsumsi makanan ini.
·         Chinese Restaurant Syndrome
Bahaya makan mi instan yang satu ini lebih mirip keracunan. Hal ini disebabkan oleh MSG yang terdapat pada bumbu mi instan. Ada beberapa orang yang tidak tahan dengan MSG, lalu kemudian merasa pusing dan sesak nafas. Namun penyakit ini tidak terlalu fatal, karena akan sembuh setelah 2-3 jam kemudian. Bahan-bahan yang sebenarnya tak dibutuhkan tubuh ini juga bisa memperlambat kerja organ-organ pencernaan.
·         Kerusakan Jaringan Otak
Mengkomsumsi mi instan terus menerus sama dengan menumpuk zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh dan efeknya bisa merusakkan sel-sel jaringan otak. Akibatnya, akan terjadi penurunan transmisi sinyal dalam otak. Selain itu, kerusakan jaringan sel otak ini. Juga akan memicu penyakit-penyakit lain. Seperti Stroke atau kelumpuhan.

2.3  Tips mengkonsumsi mi instan
Untuk meminimalisir bahaya makan mi instan, berikut ada beberapa tips mudah yang bisa anda ikuti :
·         Jika anda memang tidak bisa lepas dari komsumsi mi instan. Sebaiknya jangan setiap hari memakannya, setelah makan mi instan, beri jangka waktu sekitar 3 hari bila ingin memakannya lagi. Hal ini bertujuan untuk memberi waktu bagi tubuh agar bisa mencerna lilin (pelapis mi) sampai benar-benar habis dan tidak menumpuk ditubuh.
·            Saat memasak mi instan, anda tentu merebus mi terlebih dahulu dengan air mendidih untuk mi instan goreng, setelah mi masak tiriskan lalu bilas lagi dengan air bersih yang tentunya sudah matang.
      Untuk mi instan kuah, setelah mi matang jangan langsung dibubuhi bumbu mi instan. Tiriskan dahulu minya, lalu buang air sisa perebusan mi. Untuk kuah, anda bisa memakai air panas yang baru. 
      Perlakuan ini untuk meminimalisir masuknya zat lilin kedalam tubuh, saat mi direbus, lilin bisa lepas dari mi dan menyatu dengan air rebusan, itulah sebabnya, sebaiknya jangan mengkomsumsi air rebusan mi.




Bab III
Penutup

3.1  Kesimpulan
Dari hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa mi instan adalah makanan yang merugikan bagi kesehatan tubuh. Kepraktisan dan kemudahan yang dibawa oleh mi instan memang membuat kita menjadi gemar untuk mengkonsumsinya. Tetapi dibalik semua itu, terdapat bahaya besar yang mengancam kesehatan tubuh kita. Menjaga dari sekarang akan lebih baik dari pada mengobati esok hari. Boleh mengkonsumsi instan, akan tetapi tidak berlebihan dan tetap mengutamakan menu makanan sehat dan bergizi.
3.2  Saran
Sebaiknya kita jangan terlalu sering mengonsumsi mie instan dan apabila tetap ingin mengonsumsi mi instan usahakan dalam sebulan hanya memakan satu bungkus saja.





Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

1 komentar: