Analisis Komunitas

by 07.59 0 komentar


KOMUNITAS BULU TANGKIS SE-INDONESIA
“Badmintalk”

           
1.1 Definisi Badmintalk
Badmintalk adalah suatu forum yang dibuat untuk semua pecinta olahraga Bulu Tangkis se-Indonesia. Web Badmintalk ini dibentuk untuk seorang pecinta bulutangkis yang selalu ingin mendapatkan update berita terbaru, informasi live streaming, video pertandingan, update rangking terbaru, berkenalan dengan teman baru dan punya banyak ide, gagasan, cerita, pandangan dan ingin berdiskusi tentang bulutangkis.
Minimnya pemberitaan, perbincangan dan pengetahuan masyarakat Indonesia dewasa ini tentang olahraga bulutangkis merupakan awal munculnya keinginan dan harapan dari mereka untuk menyediakan sebuah wadah berbagi informasi, berdiskusi, menyuarakan aspirasi dan menyalurkan inspirasi para pecinta bulutangkis, agar olahraga bulutangkis semakin dikenal dan dipahami oleh masyarakat Indonesia. Mereka percaya bahwa bulutangkis adalah olahraga yang paling banyak mengangkat harkat martabat bangsa dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, dan mereka yakin juga bahwa sampai saat ini bulutangkis masih adalah salah satu olahraga kebanggaan bangsa Indonesia yang melekat erat pada identitas bangsa ini dan selalu memiliki tempat yang spesial di hati masyarakat Indonesia.
Di samping itu, mereka meyakini bahwa suara-suara berupa dukungan, masukan dan doa dari seluruh pecinta bulutangkis Indonesia perlu terus dicanangkan dan terus digaungkan lebih banyak lagi ke masyarakat Indonesia yang lebih luas lagi, agar supaya bulutangkis Indonesia dapat semakin maju, semakin berprestasi dan terus berjaya. Mereka juga percaya bahwa kecintaan dan kebanggaan masyarakat Indonesia terhadap olahraga bulutangkis ini perlu terus dipupuk, dikembangkan, dan ditularkan agar jasa para pahlawan bulutangkis Indonesia dapat terus diingat dan dibanggakan oleh generasi penerus bangsa Indonesia sampai kapan pun juga. Maka dari itu, mereka membangun suatu wadah untuk mengayomi segenap pecinta bulutangkis tanah air dan kami ingin mengajak anda turut berkontribusi untuk memajukan dan menyuarakan apresiasi yang tertinggi untuk bulutangkis dunia dan bulutangkis indonesia pada khususnya.


1.2 Analisa Personal
            Dalam komunitas Badmintalk ini, terdapat kurang lebih 8000 anggota yang berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. Adapun tipe anggota dalam komunitas ini sangat beragam, diantaranya adalah:
1.      Tipe  Aktif
Beberapa anggota dalam komunitas ini bersifat aktif dalam artian mau bertanya mengenai perkembangan terkini olahraga bulu tangkis di Indonesia, aktif mengomentari beberapa berita yang di post oleh admin di web maupun di media sosial lainnya. Selain itu, anggota ini memberikan komentar yang positif dan membangun juga memberikan semangat kepada atlet yang bersangkutan.
2.      Tipe Pasif
Selain anggota yang aktif ada juga anggota yang bersifat pasif, misalnya anggota yang ikut bergabung di dalam forum ini hanya aktif membaca tanpa memberikan komentar ataupun bertanya seputar berita yang di post oleh admin.
3.      Tipe Menjatuhkan
Tipe ini dimiliki oleh anggota yang tidak mempunyai dalam mengungkapkan pendapat atau komentarnya yang dapat memancing keributan antar sesama anggota di dalam komunitas tersebut.


1.3 Dampak Positif dan Negatif
1.3.1 Dampak Positif
            Adapun dampak postif dari dibentuknya komunitas ini, antara lain :
1.      Dapat menambah wawasan mengenai olahraga bulu tangkis
2.      Dapat menambah teman yang memiliki hobi yang sama dari seluruh wilayah Indonesia
3.      Dapat meningkatkan rasa nasionalisme karena ikut mendukung atlet-atlet yang ikut bertanding untuk mengharumkan nama Indonesia.
1.3.2 Dampak Negatif
            Adapun dampak negatif dari dibentuknya komunitas ini, antara lain :
1.      Terdapat anggota yang kata-katanya dapat menyinggung anggota lainnya

1.4  Perbandingan dengan Dunia Nyata
Adanya komunitas ini sangat berpengaruh bagi penggemar bulu tangkis, karena dengan adanya komunitas badmintalk ini mereka dapat bertukar pikiran, mengetahui informasi terkini mengenai bulu tangkis walaupun mereka tidak berada di dalam satu wilayah. Bila dibandingkan dengan dunia nyata, penggemar sulit untuk berkomunikasi satu sama lain karena jangkauan wilayah yang jauh. Selain itu, mereka juga hanya mendapat informasi di media massa, seperti televisi, majalah ataupun koran yang tidak setiap saat diperbaharui. Tetapi, jika dibandingankan dengan dunia maya penggemar bulu tangkis di dunia nyata dapat bertemu dan bermain bersama dengan penggemar lain di wilayah yang sama.

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar